6 Tips Efektif Dalam Merancang Desain Label Kemasan Untuk Produk Anda
Dapat menempelkan stiker dimanapun yang kita inginkan dapat diibaratkan sebagai keajaiban yang tidak pernah hilang nilainya dari masa ke masa. Sekarang, coba bayangkan kekuatan ini Anda gunakan untuk merek dan pemasaran dari bisnis Anda.
Ada nostalgia dan ketertarikan sendiri dalam stiker, khususnya untuk generasi muda. Stiker juga tidaklah mahal jika diproduksi secara masif - yang dapat menghemat pengeluaran Anda.
Tetapi, ada satu kondisi yang harus Anda pertimbangkan - Anda harus mencetak dan menggunakannya secara tepat. Berikut ini beberapa tips yang dapat kami kumpulkan untuk Anda saat merancang desain dan mencetak stiker untuk label kemasan produk dan kebutuhan Anda:
Pahami Seberapa Banyak Informasi Yang Dapat Anda Masukkan
Merancang penulisan teks dalam stiker label kemasan untuk produk Anda senantiasa penting untuk setiap proyek yang memerlukan desain di dalamnya. Karena ruang merupakan bagian yang cukup premium, menuliskan dan merancang desain serta copywriting yang baik dalam label produk Anda juga menjadi penting untuk dipahami.
Label produk biasanya mengandung beberapa informasi kunci, seperti:
- Nama produk
- Logo dari brand yang lebih besar, jika produk Anda merupakan bagian dari brand tersebut
- Ukuran tertentu yang mengandung besar, kuantitas atau berat dari produk Anda
- Deskripsi singkat mengenai produk Anda, atau tagline yang Anda gunakan
Hal tersebut biasanya berlaku untuk label di bagian depan atau atas dari kemasan produk Anda. Untuk bagian belakang, ada beberapa informasi yang lebih panjang yang dapat Anda tambahkan, seperti:
- Daftar dari bahan-bahan yang digunakan dalam membuat produk Anda (biasanya makanan)
- Cerita tentang brand atau produk Anda
- Petunjuk penggunaan
- Dan sebagainya.
Dari beberapa elemen diatas, dua hal yang paling penting untuk Anda perhatikan dan buat dengan baik adalah cerita tentang produk dan petunjuk penggunaan. Hal ini dikarenakan bagian ini memiliki informasi yang lebih banyak dan dapat menjadi sumber yang lengkap tentang keseluruhan produk.
Jika Anda ingin memasukkan lebih banyak informasi tentang produk Anda, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan website atau media sosial yang Anda miliki untuk menuliskannya atau juga dapat Anda sertakan dalam boks kemasan dari produk yang nantinya akan Anda kirimkan secara langsung kepada pelanggan dari bisnis Anda.
Buat Kehadiran Label Produk Anda Untuk Lebih Mudah Dibaca
Saat merancang stiker label untuk kemasan produk Anda, pastikan bahwa Anda merancangnya secara jelas dan mudah dibaca dari segi font dan warna yang Anda gunakan. Gunakan ukuran font yang cukup besar, ideal untuk dibaca oleh semua orang, termasuk orang yang menggunakan kacamata saat membaca dan orang-orang dengan kekurangan dalam bagian visual. Ukuran teks haruslah setidaknya diatas 6 dan jika memungkinkan, cobalah untuk merancang desain label yang berisikan informasi penting dalam ukuran 10 atau lebih.
Warna font juga harus memiliki kontras warna yang cukup dengan latar belakang. Jika memungkinkan, pilihlah warna font yang memiliki nilai dan intensitas kontras seperti warna terang dengan latar belakang yang juga terang, atau latar belakang gelap dengan warna yang sedikit gelap.
Warna yang cerah dan terang biasanya dipertimbangkan sebagai pilihan yang tepat karena dapat mempengaruhi konsumen untuk berbelanja. Pilihan warna harus juga senantiasa berhubungan dengan produk serta gaya visual dari brand Anda.
Saat menggunakan jenis yang berbeda pada label kemasan produk Anda, Anda mungkin juga bisa melupakan latar belakang foto atau pola - hal ini sangat mempengaruhi tingkat keterbacaan dan tidak menampilkan teks atau gambar latar belakang dengan baik.
Gunakan Typography Yang Seimbang Antara Satu Sama Lain
Karena desain label biasanya berisikan sedikit informasi dan ruang di dalamnya, menggabungkan beberapa jenis typography dapat menjadi salah satu cara dalam menciptakan kesejajaran visual antara berbagai jenis informasi dalam sebuah desain. Hal ini dapat membantu untuk membuat perbedaan antara dua atau tiga hal, yang membantu konsumen dalam mengenali bahwa beberapa potongan informasi tersebut berbeda.
Di sisi lain, hal ini dapat digunakan untuk menciptakan kontinuitas antara informasi, melalui penggunaan font yang sama, atau hanya dengan sedikit perbedaan, melalui penggunaan versi yang sedikit lebih tebal atau dropcaps dari jenis huruf yang sama. Tujuan akhir dari pemasangan typography ini adalah untuk menyajikan hubungan aktual dari berbagai informasi melalui beberapa varian jenis.
Beri Ruang Tambahan Dengan Menggunakan White Space
Sebagai tambahan dalam penggabungan beberapa typography, Anda dapat menggunakan ruang putih (white space) untuk memisahkan setiap informasi dan juga menciptakan perbedaan visual yang dapat terlihat dengan jelas. Berikut ini contoh dari Fic Ginger Ale.
Dekor & Ilustrasikan Tampilan Visual Dari Label Kemasan Produk Anda
Desain dari sebuah label dapat muncul secara umum dan sederhana tanpa menggunakan ilustrasi ataupun elemen dekoratif. Tetapi, jika Anda ingin mencoba untuk keluar dari desain yang sederhana tersebut, ilustrasi dapat menjadi salah satu cara yang tepat dalam mengkomunikasikan produk dan brand Anda secara visual. Berikut ini salah satu contoh dari Evolution Fresh yang menggunakan ilustrasi tinta abstrak untuk mengkomunikasikan rasa buah dalam setiap jus terbaru mereka.
Perhatikan Kualitas Pencetakan Label
Poin terakhir yang tidak kalah pentingnya dan juga merupakan kunci dalam mencetak label kemasan adalah dengan menggunakan jenis kartu atau kertas yang berkualitas untuk memberikan tampilan dan dampak yang kuat. Terserah Anda untuk memilih antara menggunakan kertas yang memiliki permukaan gloss atau licin, dilapisi atau matte dan sebagainya. Anda mungkin ingin memilih sesuatu yang berbeda yang meningkatkan tampilan produk, seperti pada contoh dari desain label Llanos Negros di bawah ini, dimana foil emas dan teknik pelapisan cetak digunakan untuk membuat desain label kemasan yang estetik.
Berbicara tentang kualitas pencetakan label yang sangat penting dalam menentukan brand awareness dari produk Anda, sudahkah Anda mencetak label kemasan yang sesuai dengan citra yang ingin Anda berikan kepada konsumen?
Jika Anda sudah memiliki desain yang tepat tetapi belum menemukan tempat yang tepat untuk mencetak stiker label kemasan dari produk Anda, Instaprint hadir untuk membantu Anda.
Instaprint merupakan percetakan digital berkualitas yang berpusat di Tangerang. Instaprint menyediakan berbagai macam layanan untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Layanan yang mereka tawarkan mencakup perlengkapan seperti pencetakan stiker dan label produk kemasan,kartu nama bisnis, kalender, brosur, cetak dokumen A3, poster, pas photo, blueprint, dan masih banyak lagi. Instaprint juga memiliki layanan pencetakan souvenir dan pelengkap untuk bisnis Anda seperti t-shirt, tote bag, pin, banner dan stiker meteran, hingga kartu souvenir seperti flazz dan e-money.
Tanpa perlu bolak-balik tempat percetakan, Anda bisa mengetahui proses pesanan melalui website atau SMS dari penyedia jasa pengiriman yang Anda pilih mulai dari pembuatan desain, pengerjaan cetak, hingga status pengiriman hasil cetak ke lokasi.
Jauh? Tenang saja, Anda tetap dapat mencetak kebutuhan untuk bisnis Anda tanpa harus kesulitan untuk pergi ke Gading Serpong, Cengkareng ataupun Bintaro. Anda cukup membuka website-nya, order dan submit desain yang ingin Anda cetak, kemudian pilih cara pengiriman yang juga bervariasi. Dijamin, desain cetakan untuk bisnis Anda dapat langsung selesai dan sampai ke tangan Anda secara cepat lewat ekspedisi seperti JNE ataupun Gojek.
Reference: NotesOnDesign
Comments
Post a Comment