Mengembangkan Custom Software CRM Untuk Sales & Bisnis Anda

 Image


Jika Anda ingin membuat penjualan yang yang lebih cepat, mendapatkan prospek keuntungan di masa mendatang, dan mengelola informasi pelanggan dengan lebih baik, Anda membutuhkan aplikasi CRM untuk bisnis Anda Jika Anda juga ingin melewati tahap dimana kurva pembelajaran masih harus dipelajari atau tidak ingin membayar fitur yang tidak akan Anda gunakan, software atau aplikasi CRM yang dirancang secara kustom dapat menjadi pilihan bisnis Anda. 
 
Dalam artikel ini, kami mencoba memberikan beberapa panduan dalam mengembangkan software CRM, jenis apa yang cocok untuk bisnis Anda, apa saja fungsionalitas yang ditawarkan oleh CRM, dan fitur apa yang dapat Anda manfaatkan. 
 
 
Mengapa Bisnis Anda Memerlukan Software Berbasis CRM ?
 
Ketika Anda mempertimbangkan penggunaan CRM untuk bisnis Anda, ada beberapa pilihan yang tersedia yaitu solusi kustom yang sudah tersedia, solusi terbatas berbasis platform, atau pengembangan custom aplikasi CRM untuk bisnis Anda secara khusus. Apa yang perlu Anda pilih?
 
 
Solusi CRM Dengan Platform Terbatas (Off-Shelf-Platform)
 
Software CRM dengan jenis ini langsung siap digunakan. Anda hanya perlu memilih paket harga, mendapatkan akses ke platform, mengatur sesi pelatihan untuk tim Anda, dan Anda siap melakukannya.
 
Sisi negatifnya, mungkin ada fitur yang tidak akan pernah Anda gunakan, dan Anda tidak akan dapat menambahkan fungsionalitas yang kurang. Selain itu, karena Anda membayar untuk jumlah individu di dalam aplikasi tersebut, harganya mungkin terlalu mahal untuk tim dengan skala yang besar. Selain itu, Anda mungkin mengalami masalah skalabilitas karena sebagian besar platform membatasi ruang penyimpanan.
 
 
Solusi Kustom Yang Sudah Tersedia (Pre-Made Custom CRM Solution)
 
Jenis ini merupakan sistem berbasis CRM dengan infrastruktur siap pakai dan membuat Anda dapat menambahkan beberapa modul dan mengubah alur kerja sesuai keinginan Anda. Pengaturannya cepat, dapat disesuaikan dengan kebutuhan, dan Anda tidak perlu khawatir tentang pemeliharaan atau pembaruan karena hal tersebut akan dijalankan oleh vendor penyedia.
 
Di sisi lain, biayanya tetap bertambah seiring bertambahnya pengguna baru, dan jumlah fitur yang dapat Anda tambahkan senantiasa terbatas. Selain itu, membangun sebuah fitur memerlukan pengetahuan teknis. Anda memerlukan bantuan developer jika Anda tidak memilikinya.
 
Opsi ini sangat cocok untuk Anda jika sebagian besar penyesuaian yang disediakan bermanfaat bagi bisnis Anda dan bisnis Anda memerlukan peluncuran yang cepat serta biaya pengembangan yang rendah.
 
 
Software Berbasis Custom CRM 
 
Solusi khusus disesuaikan dengan alur kerja bisnis dan sangat kompatibel dengan alat Anda yang lain. Jenis sistem CRM ini akan berkembang dan beradaptasi dengan kebutuhan bisnis Anda saat ini, dan Anda dapat yakin akan keamanannya karena Anda memilih apa yang akan dilindungi dan bagaimana caranya. Anda juga dapat menambahkan lebih banyak pengguna tanpa biaya tambahan apa pun.
 
Tentu saja, Anda harus membayar untuk pengembangan sebelum dapat menggunakan solusi CRM ini untuk bisnis Anda. Selain itu, pengembangan software custom dirancang secara  khusus sehingga memerlukan waktu, dan setelah itu, Anda memerlukan spesialis teknis untuk memelihara platform terkait untuk keberlangsungan bisnis Anda.
 
Jadi, jika Anda memerlukan rangkaian fungsionalitas unik dan siap menginvestasikan sumber daya ke dalam pengembangan sistem software CRM khusus dari awal, jenis sistem CRM ini merupakan alasan yang baik untuk memikirkan cara membangun sistem CRM dari awal.
 
 
Langkah - Langkah Mengembangkan Sistem CRM Custom Untuk Bisnis Anda
 
Seperti kebanyakan software lainnya, sistem software berbasis CRM memiliki siklus pengembangan hidup yang digunakan dalam memproduksi produk berkualitas tinggi dalam waktu yang singkat. 
 
Berikut beberapa langkah diantaranya : 
 
 
Menetapkan Tujuan Pengembangan & Memilih Jenis CRM Yang Dibutuhkan
 
Ada berbagai cara untuk mengembangkan sistem CRM khusus untuk bisnis Anda, namun untuk menghindari penyebaran yang terlalu luas, Anda perlu menentukan tujuan penggunaan sistem CRM tersebut. Apa manfaat spesifik yang dapat diberikannya bagi bisnis Anda, dan bagaimana hal ini dapat meningkatkan keuntungan Anda?
 
Berikut beberapa tujuan umum yang sering ditetapkan bisnis untuk proyek pengembangan CRM secara custom:
 
  • Meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan dengan memberikan wawasan yang lebih baik tentang preferensi dan perilaku pelanggan

  • Meningkatkan penjualan dan pendapatan dengan menyederhanakan proses penjualan, melacak prospek, dan memungkinkan upaya pemasaran dan penjualan yang lebih memiliki target

  • Meningkatkan strategi retensi pelanggan dengan mengidentifikasi pelanggan yang berisiko 

  • Meningkatkan komunikasi dan kolaborasi internal dengan memusatkan informasi pelanggan, sehingga mudah diakses oleh karyawan lintas departemen

  • Manajemen kepemimpinan

  • Otomatisasi tugas-tugas rutin, seperti entri data dan pengingat tindak lanjut untuk meluangkan waktu tim untuk aktivitas yang lebih strategis

  • Melindungi data pelanggan dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan perlindungan data

  • Memfasilitasi kolaborasi dan berbagi informasi dengan mitra dan distributor.

Setelah Anda mengidentifikasi dan memprioritaskan tujuan pengembangan CRM khusus untuk bisnis Anda, Anda dapat memilih jenis mana yang paling sesuai.
 
 
 
 
 
 
Menetapkan Fitur CRM Yang Dibutuhkan Bisnis Anda
 
Meskipun setiap sistem CRM khusus atau kustom dirancang berdasarkan jenis dan kebutuhan bisnis, fitur tertentu memungkinkan produk digital untuk masuk dalam kategori sistem CRM. Sistem ini merupakan standar di seluruh solusi dan diperlukan untuk menjalankan fungsi seperti pengorganisasian data dan pengumpulan kontak. Fitur-fitur yang wajib dimiliki tersebut antara lain:
 
  • Manajemen kontak
  • Pelacakan interaksi
  • Manajemen Lead
  • Manajemen tugas
  • Otomatisasi tugas
  • Analisis
  • Integrasi

Tergantung pada fokus Anda, sistem CRM yang dikembangkan secara khusus dapat memiliki alat pemasaran, penjualan, dukungan pelanggan, atau kombinasi dari semuanya. 
 
 
Menemukan Mitra Untuk Mengembangkan Custom Aplikasi CRM Anda
 
Setelah Anda mengetahui cara membangun CRM, pertanyaan selanjutnya adalah di mana menemukan mitra teknologi yang andal. Ada dua pilihan untuk dipertimbangkan: outsourcing atau pengembangan secara internal dari bisnis Anda. Mari kita bahas secara singkat masing-masing pilihan ini.
 
 
Pengembangan CRM Berbasis Outsourcing
 
 
 
 
Penggunaan jasa vendor outsourcing melibatkan perekrutan spesialis eksternal yang bukan bagian dari tim bisnis Anda untuk mengerjakan proyek CRM Anda. Tergantung pada kebutuhan Anda, Anda dapat mempekerjakan pekerja lepas individu atau tim khusus seperti SOLUX.id untuk memberikan sistem aplikasi CRM berkualitas.
 
 
Pengembangan CRM Berbasis Internal 
 
 
 
 
Pengembangan sistem CRM khusus secara internal membuat bisnis Anda perlu mempekerjakan spesialis untuk bekerja dalam jangka panjang bagi bisnis Anda, menyediakan peralatan dan ruang kerja yang diperlukan. 
 
 
Merancang Desain Dari Sistem Software Berbasis CRM Untuk Bisnis Anda
 
Membuat desain UI/UX untuk sistem CRM khusus dari bisnis Anda memiliki tantangan dan tantangan karena beragamnya kelompok pengguna dan volume data yang besar untuk dikelola. Untuk memastikan tampilan sistem software CRM Anda benar-benar memfasilitasi produktivitas pengguna, pertimbangkan beberapa hal berikut:
 
  • Identifikasi peran dan tanggung jawab berbagai pengguna sistem software berbasis CRM Anda

  • Buat persona pengguna

  • Atur data dan fungsi secara logis

  • Kelompokkan fitur dan data terkait untuk menyederhanakan navigasi

  • Membuat sistem desain untuk memastikan konsistensi elemen pada seluruh sistem CRM

  • Prioritaskan data yang sering diakses pengguna

  • Berikan opsi penyesuaian untuk memungkinkan pengguna menyesuaikan CRM dengan kebutuhan mereka

  • Gabungkan alat orientasi, seperti bantuan kontekstual, keterangan alat, dan panduan pengguna.

 
Perilisan & Maintenance Sistem CRM
 
Proyek CRM khusus umumnya mengikuti proses pengembangan software yang sama seperti proyek lainnya. Namun, saat Anda beralih dari perencanaan dan desain ke area pengkodean sebenarnya, ada pertimbangan penting yang perlu diingat, seperti : 
 
  • Buat spesifikasi teknis terperinci yang menguraikan arsitektur sistem, desain basis data, struktur data, dan teknologi yang akan digunakan
  • Rencanakan migrasi data dari sistem yang ada ke CRM baru
  • Bangun sistem CRM dengan mempertimbangkan skalabilitas untuk menangani peningkatan data dan pengguna di masa depan
  • Kembangkan konektor dan API untuk memungkinkan integrasi yang lancar dengan perangkat lunak dan alat lain
  • Pastikan sistem CRM responsif dan dapat diakses di berbagai perangkat, seperti desktop, tablet, dan ponsel
  • Ikuti siklus hidup pengujian software untuk menguji kode secara menyeluruh dan mengidentifikasi serta mengatasi bug, masalah kinerja, dan masalah kegunaan

  • Pastikan kode dan sistem CRM mematuhi peraturan yang relevan
  • Membuat dokumentasi untuk developer, tim sales dan internal, serta pengguna akhir untuk memahami dan menggunakan sistem secara efektif
  • Rencanakan proses penerapan, termasuk lingkungan pementasan, pelatihan pengguna, dan prosedur rollback jika terjadi masalah selama rilis
  • Bersiaplah untuk memberikan dukungan pasca peluncuran, mengatasi masalah, bug, dan kekhawatiran pengguna apa pun yang mungkin timbul setelah sistem CRM dari bisnis Anda.



Berikut beberapa informasi tentang pengembangan custom aplikasi sales berbasis CRM untuk digunakan oleh tim bisnis dan sales Anda dalam mencapai target pelanggan yang efektif dan keuntungan yang lebih maksimal.
 
Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan aplikasi sales untuk di lapangan berbasis cloud, Cloud-based CRM, CRM Sales App di Jakarta atau Indonesia, aplikasi untuk sales performance automation software di lapangan, mobile sales app, sales productivity tools, aplikasi sales berbasis CRM atau kebutuhan field sales lapangan lainnya,  SOLUX dapat membantu Anda, klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Comments