Mengenal Fitur Kunci Dalam Mengembangan CRM Berkualitas Untuk Bisnis Anda

 


Mengingat jangkauan teknologi modern, banyak bisnis yang saat ini berhadapan dengan basis pelanggan yang berjumlah ratusan ribu, atau bahkan jutaan. Namun mundurlah sejenak dan tanyakan pada diri Anda bagaimana bisnis Anda akan beroperasi jika seluruh kesuksesan Anda bergantung pada kepuasan hanya dari beberapa pelanggan.
 
Apakah Anda akan mengabaikan panggilan tindak lanjut dari pelanggan Anda? Apakah Anda akan salah menaruhkan informasi penting klien, atau memindahkan klien Anda dari satu departemen ke departemen lain ketika dia menghubungi Anda jika ada pertanyaan? Apakah Anda mengizinkan bisnis Anda memberikan layanan yang kurang sempurna?
 
Faktanya adalah bahwa setiap pelanggan yang Anda miliki adalah pelanggan loyal dari bisnis Anda, setidaknya bagi mereka bisnis Anda senantiasa penting. Mereka mengharapkan Anda memperlakukan mereka dengan perhatian dan profesionalisme, seolah-olah seluruh kesuksesan Anda bergantung pada kepuasan berkelanjutan mereka — dan memang demikian adanya.
 
Tentu saja, jika basis pelanggan Anda berjumlah ribuan (atau lebih), maka Anda mungkin akan kesulitan untuk memberikan tingkat layanan personal tersebut kepada semua orang yang berbisnis dengan Anda. Untungnya, teknologi saat ini sudah menjadi lebih berkembang dan memungkinkan bisnis Anda untuk menjangkau jutaan pelanggan potensial lainnya dan juga memungkinkan Anda membuat mereka merasa penting untuk bisnis Anda.
 
Manajemen layanan berbasis pelanggan (customer relationship management) merupakan salah satu teknologi yang dapat membantu Anda dari berbagai skala bisnis untuk mengumpulkan, menganalisa, dan mendapatkan informasi penting berbasis pelanggan dan calon pelanggan.
 
CRM senantiasa luas seperti yang Anda bayangkan, yang berarti bisa sesederhana atau serumit yang Anda inginkan. Namun, semua kerumitan itu tidak selalu merupakan hal yang baik - sekitar 72% pengguna CRM mengatakan bahwa mereka akan menukar kompleksitas fungsional dengan CRM sederhana yang lebih mudah digunakan. Saat memulai penggunaan CRM untuk bisnis Anda, ingatlah untuk membuatnya tetap sederhana.
 
Berikut beberapa fitur kunci yang penting untuk diperhatikan agar penggunaan CRM senantiasa efektif untuk bisnis Anda.
 
 
Manajemen Kontak / Contact Management
 
Pada dasarnya, CRM merupakan alat yang dirancang untuk membantu Anda agar dapat terhubung lebih baik dengan pelanggan. Oleh karena itu, melacak setiap prospek potensial seiring perkembangannya melalui jalur penjualan adalah fitur yang tidak boleh ditinggalkan oleh aplikasi berbasis CRM mana pun.
 
Mulai dari kontak pertama, hingga pembelian, dan seterusnya, aplikasi berbasis CRM dari bisnis Anda harus dapat mencatat dan mengambil semua data pelanggan yang bernilai, dan membantu Anda mengelola kontak dengan menyediakan kalender dan pengingat tindak lanjut, membuat tiket kunjungan untuk tim sales lapangan Anda , dan mengembangkan serta berbagi insight baru tentang klien antar departemen dalam bisnis Anda.
 
Solusi CRM yang diterapkan dengan benar diketahui dapat meningkatkan tingkat retensi pelanggan sebanyak 27%.
 
 
 
Mobilitas / Mobility
 
Nyaman rasanya jika Anda dapat mengakses data pelanggan dan informasi penting lainnya ketika sedang duduk di kantor. Di sisi lain, jika Anda tidak dapat mengakses informasi yang sama melalui tim sales lapangan ketika menemui panggilan untuk penjualan, hal tersebut tidak akan banyak berguna bagi bisnis Anda. CRM Anda harus berbasis cloud, sehingga dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet.
 
Hal ini menggambarkan tren umum pada pasar CRM, dengan software CRM sebagai layanan diperkirakan akan mencakup lebih dari 50% CRM yang tersedia pada akhir tahun 2015 kemarin. Selain itu, 81% pengguna dari aplikasi berbasis CRM kini mengakses software CRM melalui perangkat seluler mereka. 
 
Memilih CRM yang sepenuhnya kompatibel dengan mobile apps akan memastikan bahwa Anda memiliki akses ke fungsionalitas lengkap pada data bisnis dalam aplikasi berbasis CRM setiap saat. Intinya, solusi CRM yang Anda miliki harus dapat diakses pada acara apapun seperti pada pameran dagang, kantor mitra, lokasi pelanggan, dan lainnya.
 
 
Analisis Data
 
Data hanya akan bernilai jika Anda memiliki kemampuan untuk menyaringnya menjadi hal yang dapat ditindaklanjuti. Software CRM bisnis Anda harus mampu melakukan lebih dari sekadar mengumpulkan dan menyimpan informasi dalam jumlah besar - tetapi juga harus mampu mengumpulkan informasi tersebut, menganalisisnya, dan dengan cepat menyajikan kesimpulan yang jelas dan dapat dipahami yang dapat digunakan untuk menginformasikan keputusan bisnis di masa depan.
 
 
Kustomisasi Software Yang Tersedia
 
Bisnis Anda memiliki tantangan uniknya sendiri. Pelanggan Anda memiliki kebutuhan unik mereka sendiri. Jadi, tidaklah masuk akal jika Anda menggunakan software CRM yang tidak dapat disesuaikan dengan situasi unik Anda.
 
CRM yang fleksibel merupakan software CRM yang memungkinkan Anda menyinkronkannya sistem operasi, memberi Anda kendali penuh atas jenis data apa yang akan dikumpulkan, dan memungkinkan Anda memperbarui dan mengevaluasi kembali proses seiring berjalannya waktu. Ingatlah selalu bahwa software CRM Anda harus bekerja untuk Anda, bukan sebaliknya.
 
Kesederhanaan
 
Terlepas dari semua keuntungan menggunakan software CRM, faktanya adalah CRM tidak akan meningkatkan pendapatan Anda satu sen pun kecuali tim Anda bersedia untuk menggunakannya. Oleh karena itu, mengembangkan software CRM yang mudah dipahami, intuitif untuk digunakan, dan laporannya jelas dapat membuat perbedaan besar. Jangan mengacu terlalu jauh dari kemampuan Anda, karena CRM yang terlalu rumit mungkin sama buruknya dengan tidak memiliki software CRM sama sekali.
 
Setiap pelanggan ingin merasa bahwa seluruh bisnis Anda berputar di sekitar mereka, dan dengan CRM, Anda dapat mewujudkan impian mereka. Pastikan software CRM Anda tidak membuat segalanya menjadi lebih rumit dari yang seharusnya. Ketika ingin membantu bisnis Anda mencapai kepuasan pelanggan total, menjaganya tetap sederhana mungkin merupakan pilihan terbaik yang dapat Anda buat. 
 
Pahami kebutuhan Anda, lakukan riset, dan temukan software CRM sederhana yang cocok untuk bisnis Anda. Bagaimanapun, bisnis itu rumit, tetapi CRM Anda tidak harus rumit.
 
 
 
Berikut beberapa informasi tentang fitur kunci dalam mengembangkan CRM untuk bisnis Anda dan manfaatnya dalam meningkatkan pertumbuhan dari bisnis yang sekiranya dapat dipertimbangkan dalam mencapai keuntungan yang lebih maksimal.
 
Untuk peningkatan yang besar, Anda dapat menggunakan layanan dari SOLUX.id untuk aplikasi sales lapangan yang sekiranya dapat digunakan untuk bisnis Anda. Aplikasi sales lapangan berbasis seluler dari SOLUX dirancang untuk mengintegrasikan semua fitur yang diperlukan untuk menjadi lebih unggul di lapangan.
 
Untuk Anda yang saat ini membutuhkan aplikasi sales lapangan,  CRM Sales App , aplikasi untuk sales performance automation software, sales productivity tools, aplikasi sales berbasis CRM atau mencari informasi tentang dunia SaaS dan CRM,  SOLUX dapat membantu Anda, klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Comments