Mengenal Fitur Penting Yang Harus Software CRM Bisnis Anda Miliki

 


Tinggalkan penggunaan Excel dalam memasukkan data dan tumbuh kembangkan bisnis Anda dengan software berbasis CRM. Sistem CRM berkualitas memberikan berbagai alat untuk layanan, pemasaran, dan tim sales Anda. Fitur dari software CRM dapat membantu tim sales lapangan ANda untuk melacak dan mendapatkan serta mengelola prospek pelanggan dan memvisualisasikan proses penjualan ke depannya.
 
Software berbasis CRM dapat mengumpulkan data dan memberikan tim Anda data yang jelas tentang tiap pelanggan atau prospek pelanggan, membuat mereka dengan lebih mudah mempersonalisasikan pesan dan membuat kampanye pemasaran yang lebih tertuju. 
 
Dalam artikel ini, mari kita bahas lebih dalam tentang fitur kunci yang sekiranya harus dimiliki dari software CRM untuk bisnis dan tim sales Anda.
 
 
Fungsionalitas Manajemen Kontak Untuk Bisnis
 
Kebanyakan sistem software berbasis CRM tentunya memiliki fitur manajemen kontak di dalamnya. Fitur ini memberikan daftar prospek pelanggan atau data pelanggan lainnya seperti nama, alamat, email dan nomor telepon dari pelanggan. Tim internal dan sales bisnis Anda dapat menggunakan basis data untuk mencari dan memverifikasi data dan preferensi pelanggan, seperti saluran komunikasi yang lebih mereka ingin gunakan. 
 
Beberapa software atau aplikasi berbasis CRM juga memiliki fitur profil perusahaan di dalamnya. Dengan hal ini, Anda dapat menambahkan informasi kepada pelanggan tentang struktur perusahaan atau bisnis dan membuat kontak individual untuk setiap tim yang terkait di dalam proses pembelian pelanggan tersebut.
 
 
Profil Klien & Pelacakan Interaksi
 
Software berbasis CRM juga dapat mengumpulkan data dalam bisnis Anda. Anda dapat mengembangkan basis data untuk tiap pelanggan beserta semua interaksi pelanggan, seperti pesan yang mereka tinggalkan. Ada juga software berbasis CRM yang membuat Anda dan tim untuk dapat memasukkan file seperti quotation dan slip pembayaran. 
 
Dengan hal ini, Anda memiliki sudut pandang menyeluruh dan tim untuk senantiasa ter-update dengan hal terbaru mengenai pelanggan dan calon prospek sehingga mereka dapat mengembangkan strategi penjualan yang lebih baik dan mempertahankan loyalitas pelanggan.
 
 
 
 
Integrasi Pihak Ketiga Yang Lebih Mudah
 
Fitur ini membantu bisnis dan tim sales Anda untuk menggunakan alat yang paling sering digunakan berbagai bisnis dan otomatisasi pekerjaan yang lebih mudah. Hal ini dalam mengeliminasi entri data, meningkatkan produktivitas dan mengurangi kesalahan. Fitur integrasi pihak ketiga ini biasanya memiliki beberapa hal, seperti : 
 
  • Integrasi email klien untuk memindahkan pesan antara bisnis Anda  ke dalam aplikasi berbasis CRM Anda.
  • Menghubungkan sistem telepon bisnis yang memungkinkan untuk mendapatkan dan mempersonalisasi percakapan telepon dan teks secara otomatis dari sales bisnis Anda.

  • Menghubungkan media sosial bisnis yang memungkinkan Anda melacak percakapan dengan pelanggan secara online.

  • Menghubungkan kalender Anda ke dalam sistem CRM untuk memudahkan tim sales untuk memesan demo dan rapat secara online dengan pelanggan prospektif.

  • Integrasi dengan manajemen pekerjaan atau alat kolaborasi yang dapat membantu tim bisnis atau pemasaran untuk mendapatkan masukan dari klien.

 
Manajemen Lead & Prospek Klien
 
Sistem software berbasis CRM biasanya menawarkan fitur manajemen prospek secara dasar. Hal ini membantu tim sales Anda dalam mengidentifikasi prospek dan posisinya pada saluran penjualan. Tim pemasaran dan penjualan Anda dapat melacak sumber prospek utama untuk memahami bagaimana mereka menemukan bisnis Anda dan menggunakan informasi ini untuk meningkatkan kampanye pemasaran kepada mereka.
 
Fitur software berbasis  CRM tingkat lanjut juga dapat menangani pengelolaan seluruh jalur penjualan Anda. Alat ini dapat mencakup penilaian prospek, segmentasi audiens, dan tindak lanjut otomatis. Selain itu, bisnis yang masih berskala kecil dapat menggunakan fungsi manajemen wilayah untuk menetapkan prospek dari tim sales dan memprioritaskan tugas serta klien prioritas.
 
 
Analisis Data Pelanggan, Pelaporan & Dashboard
 
Software berbasis CRM menghasilkan insight baru dari data penjualan Anda, memungkinkan Anda memantau kinerja bisnis dan memvisualisasikan perjalanan pelanggan. Laporan menunjukkan indikator kinerja utama, yang merangkum kemajuan upaya penjualan dan pemasaran dari tim sales Anda. 
 
Dasbor memberikan tampilan dalam satu halaman yang berisi statistik penting, seperti nilai transaksi yang didapatkan, sementara perkiraan penjualan membantu memprediksi penjualan pada masa depan.
 
 
Otomatisasi Penjualan & Pemasaran
 
Solusi software CRM untuk bisnis Anda dapat mengotomatiskan pengumpulan data, seperti merekam interaksi pelanggan. Alat otomasi pemasaran mengirimkan balasan instan pada formulir pembuatan prospek, sedangkan fitur otomasi penjualan memungkinkan prospek klien yang berminat untuk membuat janji temu melalui kalender terintegrasi. 
 
Otomatisasi mendukung sebagian besar aspek proses manajemen bisnis, membantu Anda memindahkan prospek melalui saluran penjualan dengan lebih sedikit tugas manual bagi tim sales dan internal Anda.
 
 
 
Berikut informasi akan manfaat penggunaan aplikasi sales lapangan untuk bisnis Anda dan tim sales dalam meningkatkan pertumbuhan yang sekiranya dapat dipertimbangkan dalam mencapai keuntungan yang lebih maksimal.
 
Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan aplikasi sales untuk di lapangan berbasis cloud, Cloud-based CRM, CRM Sales App di Jakarta atau Indonesia, aplikasi untuk sales performance automation software di lapangan, mobile sales app, sales productivity tools, aplikasi sales berbasis CRM atau kebutuhan field sales lapangan lainnya,  SOLUXdapat membantu Anda, klik disini untuk informasi lebih lanjut.



Comments