Merancang Tren Desain UX Berbasis Commerce Yang Perlu Diikuti atau Dihindari

 .

Dalam dunia digital yang terus berkembang, pengalaman pengguna (user experience/UX) telah menjadi elemen krusial dalam menentukan kesuksesan sebuah platform e-commerce. Tidak hanya soal tampilan yang menarik, namun bagaimana pengguna dapat dengan mudah, cepat, dan nyaman melakukan transaksi menjadi poin penting yang tak bisa diabaikan. 
 
Seiring dengan meningkatnya ekspektasi pengguna terhadap kemudahan berbelanja online, desain UX dituntut saat ini untuk tidak hanya fungsional, tetapi juga adaptif terhadap perubahan perilaku pengguna dan tren teknologi.
 
Setiap tahun, berbagai tren desain bermunculan, menawarkan pendekatan baru dalam menciptakan pengalaman yang lebih imersif dan efisien. Namun, tidak semua tren layak untuk diikuti—beberapa diantaranya mungkin tidak cocok dengan karakteristik bisnis Anda, bahkan dapat mengganggu alur konversi jika tidak diterapkan dengan hati-hati. 
 
Oleh karena itu, penting bagi para pemilik bisnis dan desainer UX untuk lebih selektif dalam memilih tren yang akan diadopsi.
 
Dalam artikel ini, mari kita kenali lebih dekat tentang tren desain yang dapat dijadikan pertimbangan Anda dalam merancang UX untuk website berbasis e-commerce.
 
 
Hal Yang Dapat Anda Pertimbangkan Penggunaannya 
 
 
Menggunakan Gambar Produk Yang Lebih Besar
 
Baik karena peningkatan ukuran dan resolusi layar, desain visual yang lebih luas, atau untuk kepentingan pengalaman pengguna, website Anda haruslah menampilkan  gambar produk yang berukuran besar.
 
Gambar senantiasa bertambah dalam segi ukuran pada halaman produk, dengan detail yang lebih terlihat secara jelas. Tentunya, hal ini dikarenakan kita semua tahu bahwa sebuah gambar bernilai seribu kata dan pada website berbasis e - commerce, gambar produk yang berkualitas senantiasa berharga tinggi untuk mendatangkan penjualan terhadap bisnis Anda. 
 
Dalam pengujian kegunaan website, pengguna mengumpulkan detail produk dari gambar, termasuk detail yang tidak tercakup dalam deskripsi produk.
 
Gambar produk yang digunakan atau berada dalam konteks sangat membantu menjawab pertanyaan pelanggan. Pengguna dapat menyadari bahwa pemanggang roti yang mereka inginkan memiliki slot yang cukup besar untuk roti seperti bagel dan juga mereka tahu bahwa tatakan gelas yang memiliki kaki akan melindungi furnitur kayu di rumah mereka, hanya dengan melihat gambar produk.
 
Peningkatan ukuran gambar tidak hanya terlihat pada halaman produk. Halaman kategori, yang sering menjejalkan sebanyak mungkin gambar produk kecil pada satu halaman, juga menggunakan gambar yang berukuran besar. Hal ini memungkinkan pengguna melihat detail lebih awal dalam proses belanja dan membantu mereka dalam membuat perbandingan dan menghabiskan waktu mereka dalam menjelajahi produk yang tepat.
 
Sementara pada topik gambar, untuk ukuran yang baik Anda perlu mengulangi temuan lama yang mengatakan  bahwa gambar yang terlihat seperti iklan akan diabaikan, dan menggunakan stok foto lebih merugikan daripada membantu. 
 
Ketika kami merekomendasikan gambar produk yang berukuran besar dan rinci, yang kami maksud adalah foto produk yang sebenarnya (termasuk foto produk yang sedang digunakan atau dalam konteks tertentu).
 
 
Menampilkan Ulasan Yang Lebih Kuat
 
Ulasan membantu pengguna untuk lebih memahami kualitas dan penggunaan produk. Ulasan dapat menjawab pertanyaan atau mengatasi masalah yang dimiliki pengguna tentang produk, karena ulasan ditulis dari sudut pandang orang yang membutuhkan atau menginginkan, dan benar-benar menggunakan produk tersebut. 
 
Menawarkan pengguna untuk menulis ulasan akan produk Anda sangat membantu, tetapi website Anda dapat menggunakan ulasan lebih jauh dengan menawarkan informasi tambahan tentang pengulas atau dengan meringkas ulasan pengguna secara lebih baik.
 
Banyak website yang menambahkan detail ke dalam ulasan pengguna - detail yang relevan tentang orang yang menulis ulasan, seperti jenis kelamin atau usia, atau kriteria produk tertentu untuk evaluasi, seperti ukuran atau kualitas. Website Anda mengenali kontributor teratas dan membiarkan mereka memberikan nilai ulasan. 
 
Mereka dapat meringkas kata kunci dan frasa yang digunakan dalam ulasan positif dan negatif, atau bahkan menyoroti kutipan dari ulasan yang berguna atau deskriptif.
 
Informasi tambahan tersebut, jika diterapkan secara baik, dapat membantu memudahkan pengguna untuk mendapatkan manfaat penuh dari pendapat orang lain. Detail pengulas memungkinkan pengguna menemukan ulasan yang relevan dengan situasi atau penggunaan mereka, dan ringkasan ulasan membantu pengguna menelusuri sejumlah besar ulasan untuk melihat masalah atau kekuatan umum apa yang dimiliki dari produk Anda.
 
 
Penggunaan Kupon Pada Website 
 
Anda mungkin telah menyaksikan saat di mana pengguna berjuang dan berjuang untuk menggunakan kode kupon dan memenuhi syarat untuk mendapatkan diskon dalam website tertentu. 
 
Dan tentunya, Anda juga dapat merasa senang ketika melihat beberapa website mempermudah pembeli untuk menerapkan diskon atau bahkan memberikannya secara otomatis. Jika diskon diiklankan dalam website Anda, secara otomatis diskon tersebut akan diberikan kepada pengguna yang memenuhi syarat.
 
Jika kode diskon atau kupon tersedia, permudah pengguna untuk memasukkan dan menerapkan kode tersebut, jauh sebelum pengguna masuk ke halaman pembayaran dalam proses checkout. Pengguna ingin melihat bahwa diskon yang mereka dapatkan diterapkan sedini mungkin dalam proses belanja.
 
 
 
 
 
Meskipun dalam beberapa website, penggunaan diskon digunakan untuk meningkatkan total penjualan, mencegah pengguna untuk dapat menggunakan atau memanfaatkan diskon dapat mengikis kepercayaan dan dapat membuat mereka frustasi hingga bisa saja mereka tidak ingin lagi berbelanja dalam website tersebut.
 
Lebih lanjut, memudahkan pengguna untuk memenuhi syarat dalam mendapatkan diskon memberikan Anda keuntungan lain - Berdasarkan riset, terlihat bahwa banyak pengguna yang memutuskan untuk membelanjakan lebih banyak uang pada website tertentu agar memenuhi syarat pengiriman gratis dari produk yang mereka beli.
 
 
Hal Yang Harus Anda Hindari Penggunaannya
 
 
Tidak Memberikan Respon / Lama Ketika Pengguna Memasukkan Produk Pada Keranjang Belanja
 
Pengguna tidak perlu menebak apakah produk yang mereka inginkan telah ditambahkan ke dalam keranjang belanja. Banyak website yang gagal memberikan respon balik yang memadai tentang tindakan penting ini. Hal ini merupakan hal yang cukup penting dalam dunia bisnis berbasis e-commerce. 
 
Pengguna tidak ingin menjelajahi berbagai halaman hanya untuk mengetahui apakah produk yang mereka pilih telah ditambahkan, dan Anda tentu tidak ingin mereka meninggalkan proses pembayaran mereka untuk mengetahui apakah ada produk yang tertinggal pada keranjang belanja atau tidak. Tindakan tersebut perlu dilakukan dengan segera dan dikonfirmasi dengan jelas.
 
Respon balik yang baik dapat dicapai dengan berbagai cara, mulai dari membawa pengguna ke keranjang belanja hingga menggunakan overlay. Namun, tindakan yang mungkin tidak berhasil adalah menambahkan satu baris teks ke halaman, atau memperbarui jumlah produk yang terdaftar pada dekat tautan atau ikon keranjang belanja. Pengguna tentunya akan mengabaikan perubahan halus ini.
 
Perubahan desain yang kemungkinan dimaksudkan untuk membuat pembeli tenggelam dalam pengalaman berbelanja malah dapat bertindak sebagai pengalih perhatian. Jika pengguna tidak mengetahui apakah produk yang mereka inginkan telah ditambahkan, mereka dapat meninggalkan proses belanja untuk memeriksa keranjang belanja. 
 
Jika pembeli tidak menyadari bahwa mereka telah melakukan hal yang mereka inginkan, dan diarahkan otomatis ke halaman keranjang belanja, mereka bisa saja menyalahkan website Anda atas fakta bahwa beberapa produk telah ditambahkan dan mungkin lebih dari yang mereka maksudkan.
 
 
Layanan Pelanggan Yang Buruk 
 
Banyak desain dari website e-commerce yang menjadi lebih terbuka dan lapang dari waktu ke waktu. Hal ini juga sampai pada area layanan pelanggan dari website. Begitu banyak bagian layanan pelanggan yang kurang baik yang dapat ditemukan pada website berbasis e - commerce saat ini.
 
Jika pelanggan pergi ke area layanan pelanggan dalam website Anda, ia mungkin sudah menghadapi masalah atau kesulitan dan memiliki pertanyaan. Coba saja Anda bayangkan, seperti apa nilai yang Anda kirimkan kepada pelanggan ketika ia menjelajahi area website yang menarik dan intuitif, lalu ketika ia berpindah ke halaman layanan, jawaban yang Anda berikan dingin, tidak membantu, dan juga rumit?
 
Tentunya nilai yang Anda dapatkan berbanding terbalik dengan apa yang Anda harapkan.
 
Saat desain berubah dan senantiasa diperbarui dari waktu ke waktu, jangan abaikan bagian layanan pelanggan dalam website anda. Desain yang ketinggalan zaman dapat menyusahkan pengguna jika tidak konsisten dengan bagian dari website lainnya. 
 
Pengguna mungkin bertanya-tanya tentang kebijakan terbaru atau meragukan keakuratan dari informasi yang mereka lihat. Maka dari itu, kemungkinan bagi pengguna untuk mengunjungi bagian layanan pengguna dalam website Anda senantiasa penting untuk diperhatikan.
 
 
Deskripsi Produk Yang Tersembunyi & Kecil Ukurannya
 
Deskripsi produk tampak sangat kecil pada sebagian website berbasis e-commerce. Kehadirannya berada pada halaman web yang jauh dari gambar produk, sepenuhnya tersembunyi di balik tautan, dan dimasukkan ke dalam kotak kecil. Hal ini mungkin terjadi karena adanya perubahan desain desktop yang dipengaruhi oleh desain untuk pengguna perangkat, karena Anda mungkin mencoba membuat informasi ringkas untuk digunakan pada layar besar dan kecil.
 
Ketika pertumbuhan dari ukuran gambar produk senantiasa diperhatikan, hal tersebut tidak dapat mengorbankan deskripsi produk. Deskripsi dapat menjawab pertanyaan tentang penggunaan, manfaat, perawatan, bahan, dan ukuran yang diinginkan oleh pengguna. 
 
 
 
 
 
Deskripsi produk perlu terlihat segera setelah halaman dimuat, dan pengguna harus dapat dengan cepat dan mudah menemukan serta menggunakan deskripsi produk tersebut pada saat yang mereka inginkan.
 
Informasi produk dalam website dapat dikumpulkan atau ditumpuk. Jika ruang yang Anda miliki terbatas, sertakan ringkasan atau deskripsi singkat di bagian atas halaman, dengan tautan jelas yang mengarah ke detail tambahan. 
 
Pastikan bahwa informasi ringkasan tersebut jelas dan deskriptif. Pengguna akan menggali detail, tetapi mereka tidak perlu berburu untuk menemukan informasi produk sejak awal.
 
 
 
Berikut adalah beberapa pemahaman umum yang dapat kami berikan tentang tren desain yang dapat Anda ikuti dan juga hindari. Jika Anda sudah lebih memahaminya dan memilih untuk menggunakan jasa agensi berkualitas dalam meningkatkan identitas brand dengan menggunakan pemasaran offline maupun digital, EANNOVATE hadir untuk Anda. 
 
Eannovate memberikan layanan terbaik untuk UI / UX Design di Jakarta. Selain itu, kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis Anda sehingga website Anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google dengan FREE SEO Audit.
 
Selain itu, Jika Anda juga sedang mencari vendor berkualitas untuk pengembangan software digital seperti aplikasi sales untuk tim sales atau penjualanSOLUX.id yang merupakan bagian dari EANNOVATE dapat menjadi solusi berkualitas bagi bisnis Anda. Info lebih lanjut dapat Anda klik disini.


Comments